Sedari awal melamar
residensi Yayasan Biennale Yogya ke Madagaskar saya membayangkan petualangan seru
ke sebuah negeri antah-berantah, hal lain yang terkenal dan muncul seketika dikepala saya adalah kecoa raksasa (hishing cockroach). Apalagi setelah melihat
kartun Madagascar (DreamWorks, 2005), penelusuran di internet yang menampilkan
keanekaragaman hayatinya, juga info yang menyatakan orang-orang Indonesialah
yang pertama datang kesana.
Membayangkan bertemu
orang-orang, menyerap sebanyak-banyaknya pengalaman, menyelami situasi nyata
kehidupan mereka. Saya kurang yakin dapat memproduksi sesuatu bersama dalam waktu yang sedemikian singkat. Makin
singkat membayangkan kerja sama dari nol, dari tidak kenal personalnya, situasi
dan rasa atas kondisi hidup mereka, lantas menyerap sebanyak-banyaknya sesuatu
yang lahir seketika atas pengalaman di waktu tertentu.
Tetapi setelah lamaran diterima dan Bu Neni memberi penerangan ringkas tentang Madagaskar, saya mulai curiga jangan-jangan disana akan jauh dari bayangan. Ibu sudah bilang suasananya mirip di Indonesia.
Sampai sana, persis
seperti yang diterangkan Bu Neni, sekilas mirip sekali; bayangan atas kota
antah berantah tidak muncul, mungkin karena saya banyaknya di Antananarivo
(ibukota). Hari pertama saya tanya tuan rumah, Cecil dari Is’Art Galerie,
katanya saya harus melakukan perjalanan yang cukup panjang dan lama, harus
kepedalaman atau hutan untuk bertemu semua itu. Memang ada beberapa tempat
organik (kebun binatang ataupun Lemur Park), tetapi juga tidak kesampaian
sampai hari terakhir saya disana.
Maka segeralah bertemu
orang-orang, Is’art Galerie menjadi poros utama pertemuan. Rapat pertama bersama mereka adalah pertanyaan tentang saya mau bikin apa. Saat itu saya
belum bisa memastikannya, seperti dalam proposal lamaran “the plan is to have
no plan.”
Hari pertama saya di Madagaskar (Minggu), Cecil mengajak
saya piknik bersama keluarga Tahina. Sesampainya di lokasi piknik kami menunggu
ibunya menyelesaikan acara di gereja, yang pucuknya terlihat tak begitu jauh
diperbukitan sebrang kami. Lokasi lumayan panas, pohon-pohon disana meranggas
karena baru saja di bakar untuk menghilangkan hama serangga.
Sembari menunggu,
Tahina mengajak saya jalan ke gereja tempat ibunya, ditengah perjalanan kami
berpapasan dengan ibunya. Tetapi kami tetap meneruskan perjalanan, area
tersebut sekitar sejam perjalanan dari pusat kota. Memasuki desa saya melihat
gereja Katolik. Kemudian gereja lama yang penuh sarang laba-laba. Tak lama kami
berada di gereja yang pucuknya tadi kami lihat, didepan gereja semua orang
berkumpul mengantri makanan. Setelah perayaan mereka biasanya makan-makan,
dibagikan gratis pihak gereja.
Minggu depannya
saya juga diajak ke gereja lain, karena Miora (salah satu partisipan lokakarya)
bersama kelompok Gospelnya akan tampil. Rupanya itu perayaan tahunan, sama
dengan gereja ibunya Tahina. Semua orang kembali/mengunjungi kampung untuk
perayaan setahun sekali. Polanya mirip, bedanya di gereja sebelumnya tidak ada
panggung pertunjukan.
Hal ini membuat saya berasumsi bahwa keluarga besar, merupakan
lingkungan yang berarti dan mempunyai peranan penting atas diri masing-masing
orang. Seperti umumnya keluarga di Indonesia. Hal ini di kemudian hari saya
masukan dalam elemen lokakarya.
Saat itu yang ada dalam benak saya dasarannya akan mengeksperimentasi
metode openness, tantangannya adalah
membuat percepatan atas tahapan-tahapan tersebut; melalui semacam lokakarya
mungkin bisa mendapatkan banyak pengetahuan di waktu yang bersamaan. Kemudian
saya ajukan ke Is’Art Galerie untuk mengajak 4 – 8 orang, bebas seniman atau
bukan yang penting mau berproses bersama.
kelompok 1 |
Kelompok ini
awalnya tidak dibayangkan akan jadi tiga. Namun saya terganggu karena tidak memiliki
varian gender, semua lelaki sudah saling kenal dan tidak memiliki varian latar
belakang yang beda.
Ternyata Sarah
(tim kerja Galerie) salah paham, dikiranya harus seniman dan dia kesulitan
menemukan perempuan. Jadi aku menanyakan kemungkinan membuat kelompok dua,
sebagai pengimbang baiknya perempuan semua.
Pencarian kelompok dua ini bersamaan dengan sesi awal
dengan kelompok satu. Untunglah beberapa proses sudah diunggah ke album
Facebook saya dan partisipannya sudah saya tandai di masing-masing
foto; sehingga banyak pengguna FB yang berdomisili di Madagaskar me-like. Dari
situ saya melihat ada sekitar 10 perempuan, semua saya kirimkan pesan, mengundang
hadir dan terlibat. Satu turut serta, sebagian menjawab mereka diluar kota,
sisanya tidak ada kabar.
kelompok 2 |
Kelompok tiga lahir saat berkenalan dengan Mirai, dia mengajak
untuk mengadakan lokakarya ke Toamasina, serta akan mencarikan tempat dan
orang. Setelah melihat jarak, waktu dan memastikan Sarah ikut sebagai
penerjemah, maka diputuskanlah untuk datang kesana.
kelompok 3 |
Bersama kelompok
saya melakukan semacam lokakarya, terdiri atas tiga tahapan:
- Reflection
// Perkenalan, Karakter
Menggunakan post-it menuliskan nama lengkap dan panggilan, meletakannya di meja. Lanjut ke pertanyaan “what is art?,” pada kelompok tiga pertanyaan di ubah menjadi “what is life?.”
Dari situ forum dibawa ke “5 rangkai pertanyaan,” pola ini aku ketahui dari seorang teman dan di internet disebut sebagai teknikpenyelesaian masalah. Bedanya teknik ini saya eksperimentasi untuk mempercepat tahap perkenalan.
Jawaban dan rangkaian pertanyaan semua orang berbeda. Lantas disambung dengan menebak karakter dari pernyataan, pola menulis dan menyusun post-it. Susunan post-it ditempelkan di meja, di depan posisi duduk masing-masing, dihadapkan berlawanan, agar yang duduk berhadapan dapat saling membaca pernyataan masing-masing.
Diakhiri dengan diskusi panjang, kata mereka menjadi reflektif ke diri masing-masing, bahkan perpanjangannya sampai apa yang bisa dilakukan masing-masing untuk lingkungannya, kondisi ekonomi yang sebenarnya bisa membantu banyak, serta bagaimana saling memahami diri dan orang-orang.
Dari sesi ini tahapan opennes dari engaged -> sharing -> empathy segera meningkat. Kelompok dua tidak saling kenal, hanya tahun nama tapi tidak berinteraksi, namun sepulang dari pertemuan terjadi percepatan pertemanan. Terkejut dengan anggapan awal masing-masing, lebih mengenal dan merasakan satu sama lain. Demikian bagi saya terhadap seluruh kelompok. -
Expedition // Perjalanan, Pengamatan, Pekerjaan,
Keluarga
Sesi kedua bisa dikatakan sesi utama. Tahap ini dilaksanakan diatas kertas coklat memanjang yang digulung. Didalamnya terdapat empat elemen, dimulai dari mempola telapak tangan yang biasa dipakai menulis di kertas, menggambar berbagai hal yang dilihat di jalan, disekitar pola telapak tersebut.
Mempola telapak tangan ini terinspirasi dari kelakuan Nunun Tjondro, dia senang sekali meminta kami untuk mempola tangan di bukunya. Saya kurang tahu sebenarnya apa maksudnya, sementara bagi saya hal ini semacam peninggalan termudah dan terdekat dari seseorang.
Kemudian elemen berikutnya adalah menulis perjalanan hari tersebut dari bangun tidur sampai waktu pertemuan, aktivitas/pekerjaan mereka, bagaimana hubungannya dengan keluarga masing-masing.
Setelahnya mereka membaca-menerangkan-menceritakan semua yang mereka terakan pada kertas tersebut. Menceritakan dan teringat hal-hal yang luput, maka ditambahkan menggunakan warna lain.
Sementara yang lain menyimak, bertanya apabila ada yang menarik. Beberapa kalimat menjadi kata kunci, untuk menjadi materi diskusi. Pernyataan semakin personal dan mulai diangkat. Diskusi menjadi semakin panjang, pengalaman mirip juga dialami orang lain, penambahan kisah tercantum pada bidang yang masih tersisa di kertas tersebut.
Tahapan opennes yang sudah muncul dari sesi sebelumnya bertambah dengan “transparancy -> empowerment”. Pemaparan aktivitas/pekerjaan dan keluarga, muncul juga harapan-harapan, pencapaian yang belum atau enggan dilakoni karena tidak percaya diri, tidak yakin akan didukung keluarga.
Kemudian karena tahap “engaged -> sharing” yang terbangun cukup baik di sesi sebelumnya, dengan otomatis semua saling “emphaty,” saling merasakan dan dengan organik, pencapaian “transparancy” ini diluar dugaan, tidak khawatir menyinggung saat memberikan saran terhadap satu sama lain.
Mengapa sesi ini saya nyatakan utama, karena durasinya paling panjang bawaan dari pendalaman isi, tanpa ragu mengedepankan sisi yang lumayan sensitif atas diri ataupun bangsa. Pertikaian keluarga atas budaya menurunkan warisan, kepemelukan, kondisi keuangan yang semakin menipis bahkan pengeluaran lebih banyak dari pendapatan. Maupun yang umum tentang betapa menyedihkannya sejarah politik negara, tragedi masal ras/etnis/geografis, meningkatnya tingkat depresi, persoalan hasil bumi yang terus digerus orang asing, pemampatan jalur informasi maupun pengetahuan, minimnya lapangan pekerjaan, penjajahan yang tidak henti-hentinya masih mereka rasakan, dan lain sebagainya.
Bagi saya yang paling menarik adalah percakapan tidak semata keluhan. Semua diiringi dengan solusi, pandangan positif, satu sama lain melakukan “empowerment;” setidaknya turut membantu untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda, bahkan penekanan untuk memperbanyak dan merealisasikan mimpi-mimpi tanpa kenal lelah. Memulai perubahan dari hal terdekat tampak kecil, sampai untuk orang banyak. -
Expression // Nalar Wajar, Pernyataan
Sesi terakhir terdiri dari tiga pertanyaan. Saya dapatkan dari metode ice-breaker untuk kelompok kecil, tapi saya pilih berdasarkan kesinambungan lokakarya yang sudah berlangsung. Juga melihat tingkat kejenuhan, apabila di sesi 1 dan 2 sudah didominasi dengan tulisan, berkisah; tahapan mengolah visual ini menjadi penyeimbang.
Pertama semua menggambar tiga objek yang akan mereka selamatkan bila tempat tinggalnya terbakar. Kedua menggambar apabila lahir kembali sebagai binatang. Ketiga menggambar dengan memilih delapan visual dimana masing-masing pertanyaan terdapat dua pilihan, mulai dari: pisang atau wortel, televisi atau musik, populer atau pemenang, mendengar atau melihat, hiu atau macan, masa depan atau masa lalu, dingin atau panas, kasat mata atau membaca pikiran.Kelompok satu masih mempunyai waktu untuk menjelaskan masing-masing pilihannya. Sementara untuk kelompok dua dan tiga, sudah tidak banyak waktu, hal ini akan dibicarakan melalui group messanger FB.Sementara dari kelompok satu alasan-alasan yang dipilih beragam. Jawaban menyelamatkan tiga objek, rata-rata menggambar telpon genggam dan dokumen-dokumen penting. Kemiripan lain pilihan menyelamatkan benda yang berhubungan dengan profesi baru menyelamatkan pemberian.
Ada juga yang alasannya sebab-akibat, api-asap bikin sesak dan haus, jadi yang digambar adalah topeng/masker anti asap dan sebotol air minum. Hal umum lainnya adalah pakaian. Tetapi alasannya lucu dari pakaian adalah gambar celana jeans, bayangannya ketika kebakaran malam hari dan dia selalu tidur tanpa celana.
Lain halnya dengan memilih binatang pada elemen kedua sesi tiga. Ada yang menggambar Zebu, simbol keperkasaan juga keagungan; ikon Madagaskar yang adanya hanya di kawasan India dan Afrika. Dimakan dagingnya pada perayaan tertentu, di pelosok banyak memiliki Zebu berarti tingginya status sosialnya.
Sisanya binatang yang bisa terbang, hidup di laut dan berenang kesana kemari, bebas dan memiliki jangkauan yang luas. Ada yang menggambar kura-kura karena alasannya, membela perburuan liar yang mengakibatkan kepunahan. Unicorn karena percaya bahwa dia bukan binatang khayalan.
Ragam penjelasan pada elemen ketiga/pertanyaan pilihan sesi tiga, lumayan banyak. Bahwa masa depan seperti mimpi, dimana kebebasan tertinggi berada disana. Menjadi kasat mata adalah kesempatan untuk melihat dunia tanpa batasan lalu hubungannya dengan keyakinan/kekuatan yang maha besar. Memilih masa lalu karena dianggap murni. Atau alasan-alasan logis, kepanasan menyebabkan alergi kulit, kalau kedinginan bisa memakai baju berlapis. Tidak memilih macan karena itu binatang pemalas.
Hampir semua memilih melihat, hanya satu yang memilih mendengar. Seorang ibu guru yang hadir di presentasi menyatakan, hal ini dia temui dari lapis usia belia, kesimpulannya, mereka di Madagaskar sudah lelah mendengarkan, kini waktunya mereka bicara.
Diskusi yang muncul tentang masyarakat tengah/pegunungan dan pinggiran/garis pantai, yang kaya/miskin, atau naik derajat karena menikahi orang asing. Kesenjangan yang lahir dari kepemelukan, antara penyembah leluhur dengan pagama-agama samawi. Derajat dan kesenjangan sosial antara yang tinggal di pusat (Antanarivo berada di pegunungan) dan yang tidak. Perbudakan yang terjadi antar manusia, maupun sebaliknya, melihat bangsa berkulit putih sebagai yang baik, disembah dan rela berbuat apa saja karena dianggap lebih pandai dan sumber satu-satunya penghasilan.
Dalam prosesnya,
sebelum saya bertanya pada seluruh partisipan, mereka sudah aktif berkomentar
atas pengalaman yang mereka dapat. Bertanya berbagai hal. Pertanyaannya dari
“apakah pola berkarya saya selalu sama?” Jawaban saya ketika itu: tergantung, sempat
beberapa kali dan selalu tertarik bentukan yang dikerjakan bersama, bereksperimen
terhadap berbagai temuan metode dari mana saja, tidak melulu dari latar
kesenian.
Komentar mereka
selalu positif, dari sesi satu sudah ada yang menyatakan mereka terinspirasi, memicu
kepenasaran dan tidak pernah dilakukan. Juga tidak pernah melihat bagaimana
sesuatu bisa saling berkaitan, dimana perputarannya bisa membawa jauh ke
hal-hal yang sangat luas.
Berangkat dari sulitnya mengobrol dengan mereka, kalau
tidak ada Google translate ke bahasa Perancis (tidak berhasil mengunduh
aplikasi terjemahan kedalam bahasa Malagasy) akan sulit sekali mendapatkan
percakapan. Sementara saya mengandalkan bertemu orang-orang; alasan lain yang
membuat saya memilih bentuk lokakarya.
cuplikan video presentasi kesesatan bahasa |
Presentasi ini terjadi ditengah proses dengan kelompok
pertama, kami semua menampilkan secara bergantian karya kami. Presentasi ini
sangat berguna untuk memahami lebih jauh personil kelompok tersebut, untuk
karyanya selain visual tidak saya temukan penjelasan lebih mendalam tentang
karya masing-masing. Dari tiga kelompok mereka yang paling sulit berinteraksi,
kebanyakan menampilkan dari sisi luar mereka, lebih diplomatis. Dua orang dari
kelompok ini juga sampai akhir kurang memahami seluruh lokakarya. Menurut Cecil
hal ini lumrah terjadi di Madagaskar, pengalamannya meneliti di negeri ini. Konon
katanya para lelaki selalu demikian (diplomatis) sementara para perempuan lebih
terbuka dan apa adanya. Saya tidak tahu apakah ini pengaruh dia (saya) yang
sama-sama perempuan, atau memang demikian prilaku umumnya.
Sementara kelompok lain menyatakan diri paham atas
lokakarya dan menurut mereka ini pengalaman yang berharga. Percakapan kami juga
meluas keberbagai bidang masing-masing, misalnya salah satu peserta bernama
Stephanie adalah mahasiswi Ornitologi (pengamat/ahli burung) yang sedang
menysusun Ph.D-nya. Kami banyak berbagi diluar forum tentang kondisi lingkungan
negara masing-masing, terutama kawasan hutan. Lantas bertukar pikiran tentang
langkah apa yang sesuai dengan kemampuan, yang kami ambil sebagai pernyataan
temuan kami. Dia juga menyatakan mendapatkan banyak hal yang membuka matanya,
juga bahwa segala hal bisa ditemukan cara mengekspresikannya.
Memasuki
lokakarya kelompok kedua, saya mulai menemukan “persepsi” merupakan tema yang
lebih tepat. Berbagai hal yang saya tanyakan ke mereka berbanding terbalik
dengan persepsi saya. Misalkan dalam post-it Eric, “free job” baginya adalah
kebebasan bekerja, baik polanya maupun caranya. Dimana-mana saya temukan
miss-perception, dugaan-dugaan ternyata bisa tidak nyambung.
Semakin yakin di
kelompok dua, dimana nyaris semua berbahasa Inggris. Ketika Elodie menyatakan
dia tidak mau menjadi “ibu rumah tangga,” ternyata maksudnya adalah bukan
profesinya, tetapi kehati-hatian didalam mengambil keputusan; dia melihat
keputusan yang disesali ibunya, untuk berhenti bekerja dan menyerahkan semua
pada ayahnya.
Pertanyaan
lainnya adalah apakah saya humanis. Saya pikir tidak sebegitunya, berangkatnya
dari kesenangan mempelajari bagaimana manusia berinteraksi dengan cara kreatif,
menghadapi sesamanya, menghadapi alamnya dan sebagainya; dimana hal ini kerap
membongkar pasang penemuan karakter saya sendiri.
Sisi lainnya, penutup atau kesimpulan sementara proses
lokakarya didapat dari percakapan dengan bapak Ranaivo, beberapa saat sebelum
saya menyelesaikan display di hari presentasi. Beliau adalah ayahnya Sarah,
Sarah yang bekerja di galeri dan juga ikut di kelompok dua. Dia bercerita pada
ayahnya tentang proses lokakarya yang menyenangkannya. Hal ini membuat ayahnya juga ingin bertemu saya. Begitupun saya, gegara Sarah bercerita
dalam sesi keluarga, bahwa ayahnya adalah pensiunan pemandu wisata yang pernah
bekerja dengan banyak peneliti keanekaragaman hayati, serta pernah bekerja di
NASA.
Percakapan dengan Pak Ranaivo (b.1945) berlangsung
dengan enak sekali. Obrolan kami mulai dengan cengkeh yang diselundupkan dari
Halmahera, menurutnya juga dari Mexiko. Dilanjutkan dengan karakter pohon
Boabab yang dalam batang utamanya berisi air, Lemur mini sebesar jempol tangan,
sampai berbagai keanekaragaman hayati lainnya. Lalu tak bisa dihindari obrolan
menuju ke nasib buruk alam rimba Madagascar, longgarnya hukum dan korupsi
pemerintah yang membuat beberapa negara asing menguras yang kurang bertanggung
jawab. Sampai akhirnya ke seri presiden yang hanya menjadi boneka kolonisasi, dia mencotohkan dari lambang yang
masih saya lihat di pojok bawah peta rute (yang juga tidak jelas struktur
petanya) halte angkutan umum. Lambang Zebu khas Madagascar dan Fleur-de-lys (bunga
Lily Perancis yang modis). Lanjut ke pekerjaannya di stasion NASA (35 km barat kota) sebagai pencatat transmisi
data dari satelit yang berputar mengitari bumi. Pengetahuan yang di tahan untuk
sampai ke masyarakat. Sampai kerusuhan 2009 yang membuatnya traumatis, kemudian
melahirkan bandit-bandit yang kini menggangu manusia dimana dahulu hanya
mengincar Zebu.
Pembicaraan kembali ke alam raya dan hubungannya
dengan manusia, seperti istilah Malagasy yang dia ucapkan “Ny Fanahy No Dlona”
(kehadiran seseorang itu terlihat dari jiwanya). Alam harus memperingatkan
manusia, kita punya kesempurnaan otak yang tidak ada batasnya, maka jelajahilah
semesta, maksimalkan dalamnya dan pakailah untuk hal-hal dijalan yang tepat. Jagad
ini dihuni oleh manusia, binatang, alam, planet; tetapi manusia adalah predator
tertinggi. Percakapan kami selesai.
Setelahnya saya mengajaknya berkeliling, menunjukan
keseluruhan artefak dan menjelaskan alur dan hasil lokakarya. Dia nyeletuk menamai
keseluruhan artefak di ruang itu sebagai “Fakultas Percakapan.” Saya segera
terpengaruh dan setuju, dengan seketika meletakannya di teks pengantar dinding
sebelum masuk ruang presentasi dengan bahasa Indonasia-Malagasy, lantas menamai
projek yang belum rampung ini dengan nama tersebut.
Pola presentasi tidak dilakukan seperti biasanya (duduk-bicara dan melihat proyektor). Tetapi semua materi lokakarya ditempel ke
dinding, penempatannya disesuaikan dengan tahapan lokakarya, tidak berdasarkan nama
maupun kelompok. Khusus untuk sesi 3 saya kelompokan pilihan yang sama,
misalkan jawaban pilihnya adalah dingin, maka dalam satu area semuanya tentang
gambar tersebut.
Barulah diantara itu semua disebar berbagai alat tulis,
diletakkan kertas kosong dengan tulisan “silahkan komentar,” harapannya pengunjung
akan ikut mengomentari. Pengunjung diajak berkeliling dan saya ceritakan
bagian-perbagiannya, darimana gagasannya berangkat, apa saja yang terjadi di
forum, berapa lama proses pengerjaannya. Ada seorang
pengunjung yang datang sendiri, masuk langsung mengambil alat tulis dan
komentar di kertas kosong dan lembar artefak. Dia menulis menggunakan bahasa
Malagasy, ketika saya tanya Sarah katanya dia mengomentari keadaan negara,
pemerintah, bagaimana sebaiknya menjadi warga.
Sebagian dari mereka tidak mengetahui dan menyatakan
baru lihat bentuk kesenian berdasarkan kerja bersama dan bukan hasil akhir,
karya yang mengedepankan gagasan dibanding bentuk artistik. Pak Hanggo malah
menyatakan pola ini bisa dipakai sebagai metode untuk penelitian isu tertentu. Pak
Sudaryono dari kementrian pertanian menyarankan untuk dibikin buku, bahkan
menyarankan aku untuk menjadi filsuf. Pak Artanto ketua KUTAP menyarankan untuk
meletakannya acak dilantai seperti puzzle,
sehingga pengunjunglah yang memilah masing-masing artefak yang dipajang
tersebut.
Para pengunjung ketika ditanyakan pada akhir
presentasi, menyatakan mereka memahami yang kami kerjakan. Mereka balik
menanyakan apa makna dibalik semua gambar dan proses ini, sampai kini saya
tidak memiliki makna tunggal atau mendetil. Walaupun secara keseluruhan
prosesnya semacam investigasi, namun saya tidak bermaksud memaknai satu-persatu
layaknya tes psikologi. Saya hanya ingin mengetahui dan menyerap, apa yang
mereka lihat dan rasakan. Banyaknya yang muncul dari proses tersebut, juga
membutuhkan waktu tidak sebentar, sementara saya harus pulang saat belum
selesai saya olah lebih jauh.
(Catatan proses residensi 1-30 November 2014 - Antananarivo and Toamasina, Madagaskar. Dibuat pada 13 Nov 2014 sebagai laporan ke Yayasan Biennale Yogyakarta)